Selasa, 09 Oktober 2012

Tanaman-tanaman yang Anti Polusi Udara


Tanaman-tanaman yang Anti Polusi Udara

Polusi udara saat ini sangat memprihatinkan dunia. Dampak dari polusi udara sangatlah besar karena bisa membuat dunia semakin tidak stabil. Oleh karena itu mengurangi polusi udara selalu dilakukan oleh semua orang. Salah satunya dengan menanam tanaman-tanaman dan membuat taman di sekitar kota-kota besar. Dengan semua tanaman-tanaman yang ditanam, maka polusi udara yang ada akan berkurang. Berikut ini adalah contoh tanaman-tanaman anti polusi udara yang menyegarkan udara disekitar kita.

1. Pohon Dadap Merah


Pohon ini baik ditanam di halaman terbuka, karena bisa mengundang datangnya para burung. Karena berbagai jenis burung suka sekali menyantap buah si dadap merah ini. Tanaman ini sangat produktif dalam menghasilkan oksigen disaat ada matahari.

2. Pohon Kelengkeng

Siapapun tahu betapa enaknya rasa buah kelengkeng. Namun tahukah Anda kalau pohon kelengkeng mampu meredam polusi suara. Itu sebabnya pada pabrik-pabrik yang menggunakan genset, ada baiknya menanam pohon ini di dekat genset tersebut.

3. Pohon Bungur dan Mahoni

Dikenal mampu menyerap polutan udara seperti timbal. Maka kedua pohon ini sebaiknya ditanam untuk penghijauan di kota-kota besar, dekat jalan protokol yang padat lalu lintasnya. Bukan rahasia lagi kalau kendaraan bermotor menjadi penyumbang timbal terbesar diudara. Sebaliknya, pohon seperti akasia sebaiknya jangan dijadikan pohon jalur hijau. Mengapa? karena akasia menjadi salah satu pencetus asma. Begitu juga pohon palem yang indah bentuknya, tak begitu besar manfaatnya.

4. Lumut

Lumut yang menempel di batang pohon mampu mendeteksi tingkat polusi udara suatu daerah. Semakin banyak lumut menempel di sebuah pohon berarti semakin baik kualitas udara di tempat itu.

5.  Sansevieria

Sansevieria mampu menyerap 107 jenis racun, termasuk polusi udara, asap rokok (nikotin), hingga radisi nuklir, sehingga cocok dijadikan penyegar. Oya, kaktus juga bisa menghambat radiasi.


1 komentar:

  1. kawan, jangan lupa pasang link Universitas Gunadarma http://www.gunadarma.ac.id, studentsite dan lain lain karna link link tersebut mempengaruhui kriteria penilaian mata kuliah soft skill lho!

    Oh ya, Yuk kita ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma. Edisi Desember2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang untuk setiap kategori. link
    http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755

    BalasHapus