Senin, 21 November 2011

Belanja Online Yang Aman

Bila ditanya, apa keuntungan utama dari belanja online, beragam jawaban berbeda akan muncul, antara lain: praktis, nyaman, cepat proses transaksinya, harganya sangat ‘ramah’ dan pilihan produk beragam (ada kalanya juga, barang yang kita temukan saat berselancar sembari berbelanja adalah sesuatu yang tidak bisa atau bahkan sangat sulit untuk ditemukan di pusat perbelanjaan yang sifatnya offline).  Pastinya, masih ada kekhawatiran bahwa belanja online itu ‘diragukan’ ataupun ‘tidak aman’.  Layaknya berbelanja di pusat perbelanjaan yang offline, kemanapun Anda melangkah, apapun yang Anda beli harus dicermati dengan baik.  Ada juga kekhawatiran bahwa belanja online tidak akan dilindungi.  Bila beberapa hal di atas menjadi kekhawatiran Anda, tentunya sebagai pengguna Internet yang baik dan cerdas, kita dapat menelaah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika belanja online, antara lain:
· Cari Informasi Dulu
Sebelum berbelanja, cari tahu informasi yang lengkap mengenai penjual dan produk yang ditawarkan.  Lakukan perbandingan harga, baca ulasan yang diberikan oleh orang-orang yang sebelumnya telah membeli produk tersebut.  Biasanya ini akan membantu Anda untuk mendapatkan kejelasan tentang kualitas produk, ketepatan waktu pengiriman dan apakah penjual bisa terpercaya.  Beberapa situs belanja, misalnya Multiply.com, tertera dengan jelas informasi produk (barang baru/bekas berkualitas), harga dan metode pengiriman.  Dari awal, ada baiknya Anda sudah tahu beberapa poin di atas.  Verifikasi kepercayaan penjual juga penting, jadi carilah tempat belanja yang sudah memberika cap ‘persetujuan’ kepada penjualnya.
· Harus Aman
Belanja online itu lebih praktis karena Anda bisa belanja dengan nyaman dari rumah ataupun kantor dengan bantuan komputer dan sambungan Internet yang memadai.  Karena sifatnya yang maya, sangat disarankan Anda mencari tempat belanja yang aman.  Belanja dari toko-toko yang berjualan lewat jaringan sosial sebaiknya tidak menjadi alternatif utama, karena seringkali penjual tidak dapat dihubungi dan proses transaksi biasanya tidak terdokumentasi dengan baik.  Carilah tempat belanja yang memang sudah berbentuk Marketplace (bisa juga disebut Mal Virtual).  Dengan demikian Anda bisa dengan mudah berbelanja beragam barang sekaligus dan membayarnya sekaligus.   Karena ada perangkat yang membantu penjual untuk tetap ‘on track’, pembeli pun semakin bebas dari rasa khawatir.
· Pilihan Cara Pembayaran
Pilihlah cara pembayaran yang dianggap paling nyaman.  Carilah tempat belanja yang menawarkan pembayaran terintergrasi namun memiliki bayak pilihan pembayaran seperti Internet Banking, transfer, setor tunai atau PayPal.  Belanja di platform online yang sudah menawarkan fasilitas ini sangat disarankan karena biasanya uang belanja akan masuk ke rekening resmi platform tersebut sebelum dikirim ke penjual.  Dengan demikian,  penjual baru menerima uangnya setelah barang yang dipesan pembeli sudah diterima.
· Bisa Berinteraksi dengan Penjual
Manusia adalah makhluk sosial, jadi interaksi dalam bentuk maya pun dapat meningkatkan kenyaman dan kepercayaan.  Meskipun proses transaksi dilindungi oleh ‘penjaga’ platform, tetap saja akses untuk tanya jawab dapat membantu proses pengambilan keputusan.  Belanjalah di platform yang tetap mengizinkan Anda untuk bertanya dengan penjualnya.  Plus, dengan berinteraksi dengan penjual, mungkin saja Anda bisa dapat potongan harga!
· Ada Perlindungan Pembeli
Situs belanja Multiply.com menawarkan suatu fasilitas yang disebut ‘Perlindungan Pembeli’.  Artinya, bilamana Anda membeli dari penjual yang dapat label ‘Terpercaya’ dan karena satu dan lain hal barang pesanan Anda tidak sampai tujuan karena keteledoran penjual, maka ada jaminan uang kembali 100%.
· Jangan Langsung Borong
Saat belanja online, pasti Anda diterpa berbagai penawaran menarik yang rasanya sulit untuk ditolak.  Meskipun begitu, ada baiknya Anda selektif memilih barang.  Beli satu atau dua barang sebagai percobaan.  Telusuri apakah barang sampai tepat waktu dan sesuai dengan bayangan Anda.  Seperti belanja di toko fisik, meskipun rasanya sudah sreg, belum tentu hasilnya sesuai harapan.  Jadilah pembeli yang bijaksana.
Sudah lebih tahu mengenai belanja online?
Selamat mencoba :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar